Beberapa Jam sebelum Kudeta Rusia Sempat Peringatkan Erdogan

Beberapa Jam sebelum Kudeta Rusia Sempat Peringatkan Erdogan

Beberapa Jam sebelum Kudeta Rusia Sempat Peringatkan Erdogan

LintasGambar – Rusia melalui intelijennya sudah memperingatkan Presiden Recep Tayyip Erdogan perihal akan adanya kudeta militer. Peringatan itu disampaikan beberapa jam sebelum kudeta benar-benar terjadi.

Hal itu diungkap media Iran, Fars News, yang mengutip sumber-sumber diplomatik.  Menurut laporan itu, intelijen militer Rusia menyadap komunikasi militer Turki yang menunjukkan rencana kudeta terhadap Pemerintah Presiden Erdogan.

Informasi itu lantas diteruskan ke Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT). Komunikasi yang disadap intelijen Rusia, termasuk komunikasi helikopter yang memerintahkan tentara untuk menangkap atau membunuh Presiden Turki di sebuah resor di Kota Marmaris.

Seperti diketahui, ketika kudeta militer berlangsung Jumat malam pekan lalu, Erdogan dan keluarganya memang sedang berlibur di Marmaris di Mediterania. Erdogan sendiri membenarkan, kawasan tempatnya berlibur telah diserang, namun dia berhasil meninggalkan lokasi dengan pesawat jet pribadi menuju Istanbul.

Hubungan Rusia dan Turki pernah memburuk sejak militer Ankara menembak jatuh pesawat jet tempur Su-24 Moskow di perbatasan Suriah-Turki November lalu. Namun, hubungan kedua negara itu pulih kembali setelah Erdogan menyatakan penyesalannya atas insiden itu.

Belakangan Erdogan mengkonfirmasi bahwa pilot tempur Turki yang menembak jatuh jet tempur Rusia itu ikut ditangkap karena terlibat kudeta militer.

”Sumber-sumber diplomatik mengatakan, pergeseran dalam kebijakan luar negeri Erdogan hanya seminggu sebelum kudeta telah menyebabkan beberapa negara asing memprovokasi dan menjanjikan dukungan bagi tentara militer untuk melakukan kudeta,” tulis Fars News yang dikutip media Rusia, Sputniknews, Kamis (21/7/2016).

Baik Pemerintah Rusia maupun Turki belum mengeluarkan penyataan perihal bocoran laporan intelijen ini. Namun, pernyataan resmi yang dirilis oleh tentara Turki pada Selasa lalu menunjukkan bahwa ada beberapa jenis peringatan yang diterima oleh MIT.

Kudeta gagal di Turki telah menewaskan hampir 300 orang dan ribuan orang lainnya terluka. Rezim Erdogan menyalahkan Fethullah Gulen—mantan sekutu yang kini jadi musuh Erdogan—sebagai dalang kudeta.

Sumber;Sindonews

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s